logo blog

2014-12-23T15:12:00+07:00

Menjalankan Inetpub IIS dan XAMPP di Windows 7 Sekaligus

Menjalankan Inetpub IIS dan XAMPP di Windows 7 Sekaligus - Pada kesempatan kali saya ada sedikit cerita mengenai server localhost yang menggunakan Inetpub IIS dan XAMPP Windows 7 Professional. Beberapa hari ini saya lagi pengen cari tahu agar Inetpub IIS Dapat digunakan bersamaan XAMPP.  Setelah saya cari tahu mulailah saya mengatur dan menginstall aplikasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan SQL Server. Yang pasti untuk menjalankannya dibutuhkan IIS (Internet Information Service). Atau kalau saya menyebutnya XAMPP nya Microsoft. Setelah melakukan beberapa uji coba, semua berjalan lancar. Tapi, beberapa hari setelah itu saya ingin mengakses web yang juga sedang saya oprek-oprek, tentunya web yang berbasis PHP. Tapi, Apache pada XAMPP saya tidak dapat berjalan dengan baik. Sesaat setelah menjalanakn Apache, tiba-tiba servicenya berhenti. Setelah saya check Port yang ada, ternyata Port 80 yang biasa digunakan oleh Apache digunakan oleh IIS. Sehingga port 80 tersebut bentrok antara service IIS dengan Apache. Satu-satunya jalan yaitu mengubah salah satu port service tersebut. Pada artikel ini saya mencoba untuk berbagi artikel bagaimana mengubah port Apache pada localhost agar tidak bentrok dengan port IIS . Langsung saja simak tutorial dibawah ini

1. Cari C:\xampp\apache\conf\httpd.confSearch for “Listen 80" rubah menjadi “Listen 8080" Cari juga “ServerName localhost:80", rubah menjadi “ServerName localhost:8080?C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-ssl.confSearch for “Listen 443?, change to “Listen 4499?Search for “<VirtualHost _default_:443>”, change to “<VirtualHost _default_:4499>”Search for “ServerName localhost:443?, change to “ServerName localhost:4499?Then, you should be able to start Apache successfully through the XAMPP control panel.
nah, kita tinggal mengedit sedikit isi dari httpd.conf ini, buka pakai notepad lalu cari kata “Listen 80″ rubah menjadi “Listen 8080″

cari juga  “ServerName localhost:80″, rubah menjadi “ServerName localhost:8080″

2. Selanjutnya, cari C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-ssl.conf
edit juga menggunakan notepad, dan cari kata “Listen 443″ rubah menjadi “Listen 4499″
cari “<VirtualHost _default_:443>”, rubah menjadi “<VirtualHost _default_:4499>”

cari juga “ServerName localhost:443″, rubah menjadi “ServerName localhost:4499″

Selanjutnya, start service melalui XAMPP control panel. Jeng jeng…IIS bisa digunakan, phpmyadmin juga lancar…Jika ingin mengakses phpmyadmin lewat browser, jangan gunakan cara biasa, tapi ketik http://localhost:8080/phpmyadmin/. Berhubung port yang digunakan sudah kita rubah, maka untuk memanggilnya tuliskan portnya.
Subscribe to this Blog via Email :
Author commando98

Author:

Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

1 comments:

Write comments