logo blog

2016-06-24T00:52:00+07:00

Menghubungkan Mikrotik Dengan Dial Up Modem GSM

Menghubungkan Mikrotik Dengan Dial Up Modem GSM - Perkembangan teknologi informatika tidak bisa dipisahkan dari perkembangan infastruktur jaringan. Teknologi informasi akan berkembang dengan dukungan jaringan komputer yang memadai.  Cepatnya kebutuhan informasi saat ini sangat dibutuhkan di era  yang sudah memasuki dunia digital. Banyak komponen yang mempengaruhi kebutuhan akan teknologi informasi salah satunya adalah perangkat yang digunakan. Router adalah salah satu komponen yang tidak bisa terpisahkan yang berfungsi sebagai pengatur data jaringan keluar dan masuk informasi yang melewati jaringan satu ke jaringan yang lain atau dari komputer server ke komputer client. Router berjalan diatas sebuah sistem operasi khusus yang bernama Microtik RouterOS. Banyak fitur yang disediakan Router salah satunya mampu Dial Up Modem GSM yang terpasang di body mesin mikrotik. Modem Dial Up GSM digunakan sebagai alternatif jika koneksi internet yang digunakan mengalami gangguan atau putus. Disini saya akan membahasnya Cara Menghubungkan Modem Dial Up GSM Dengan Mikrotik sebagai alternatif koneksi internet.

Cara Setting Modem Dial Up GSM di Mikrotik

Untuk setting modem GSM di Mikrotik harus dilakukan melalui sebuah aplikasi remote berbasih GUI bernama Winbox. Aplikasi Winbox dapat di unduh di Google silahkan cari dengan kata kunci Winbox. Jika sudah menginstal aplikasi winbox di komputer  atau laptop colokan kabel UTP jaringan dari router ke komputer laptop.  Jangan samapai salah mencolokan kabel UTP nya,  eth1 di router bisanya digunakan sebagai PoE ( Power of Ethernet ) yang umumnya digunakan untuk internet speedy / lainnya. Untuk UTP kabel router ke komputer gunakan eth2 saja. Langsung saja prakteknya :
  1. Jika kabel UTP komputer laptop sudah terhubung dengan router dan modem GSM sudah di pasang di router langkah selanjutnya buka aplikasi WinBox yang tadi sudah di instal. Silahkan login atau pilih Connect lihat gambar dibawah ini.
    login microtik
  2. Jika sudah berhasil login anda cek dulu USB modem apakah sudah ke detect atau belum dengan cara buka System --> Resource. Jika modem GSM belum ke detect sebaiknya restart atau matikan sejenak perangkat router kemudian hidupkan kembali routernya. tunggu beberapa saat modem selesai kedetect. Lihat gambar dibawah ini.
  3. Jika modem sudah kedetect sekarang pilih menu interfaces. Pada halaman ini anda akan list USB Modem yang kedetect secara otomatis oleh mikrotik PPP-Out1 atau 2 dan seterunya. Jika anda punya modem lebih dari 1 yang mempunyai seri yang berbeda maka harus  imelakukan setup ulang seperti cara di atas. Pada gambar saya dibawah ada 2 nama PPP-Out dengan dengan 2 modem yang sudah saya setup di router. Jika router belum pernah dicolokin sama modem biasanya hanya akan muncul satu nama PPP-Out1. Jika PPP-Out1 warna teksnya masih abu - abu artinya itu belum diaktifkan silahkan aktifkan terlebih dahulu dengan memilih tanda ceklist. Kalau sudah di aktifkan warna list yang disorot akan berubah jadi hitam seperti gambar dibawah ini.
    PPP-Out1
  4. Langkah selanjutnya klik 2 kali pada interface PPP-Out disini saya contoh klik yang PPP-Out2 pada gambar diatas. Lakukan edit data pada bagian General isikan data sesuai penggunaan chips operator yang digunakan di Modem GSM. Untuk saya modem yang saya gunakan menggunakan Chips Operator GSM dari TELKOMSEL dengan data dibawah ini :
    1. Name : ppp-out2 sebaiknya jangan dirubah
    2. Type : PPP Client
    3. Port : usb1
    4. APN : Telkomsel
  5. Sekarang pindah kebagian tab PPP, Isikan data sebagai berikut :
    1. User : wap
    2. Type : wap123
    Hilangkan tanda "Dial On Demand" dan "User Peer DNS" lalu Apply maka dibawah pojok kanan bawah akan ada tulisan status dari Disconnected menjadi status Connected.
Untuk mengetesnya koneksi Modem Dial Up GSM sudah bisa digunakan silahkan cabut kabel UTP yang terhubung dengan Modem Speedy yang membuat seolah olah koneksi speedy putus. Lakukan browsing internet jika konek maka setingan diatas sudah berhasil dilakukan. Untuk mengetahui speed koneksinya dengan cara  di winbox halaman Interface List anda amati bagian Tx dan Rx berapa kecepatan yang digunakan.


Demikian cara menghubungkan mikrotik dengan dial up modem GSM. Semoga penjelasan diatas bermanfaat kalau ada yang salah mohon  di koreksi di komentar dibawah ini.

Subscribe to this Blog via Email :
Author commando98

Author:

Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

4 comments

Write comments

Adri
Admin

August 2, 2018 at 1:12 PM
Gan, kalo kita udah punya Jaringan Internet tapi kita mau nyambung Internet dikampung yang hanya ada Jaringan Telp GSM 2g, bisa ga kita buat konek lewat dial up ke server kita via mikrotik, Setingnya gimana yah gan. Kira2 bisa ga yah... jadi nanti bayarnya cuma pake pulsa lokal aja.

Reply delete
avatar

February 19, 2019 at 1:59 AM
Daftar sekarang dan pasang jagoammu (Upd4te Bett1ng)
minimal depo/wd hanya 50rb

Reply delete
avatar
Guns
Admin

February 16, 2022 at 10:16 PM
mas bro, klo internet di lewatin via gsm, langkah seting mikrotiknya gmn ya?

Reply delete
avatar