logo blog

2016-08-16T23:55:00+07:00

Cara Show Hidden File Folder Virus di Windows Menggunakan Attrib Command

Cara Show Hidden File Folder Virus
Siapa yang tidak kesal jika file dan folder pada perangkat penyimpanan seperti Flasdisk, Memori Card, Hardisk tiba - tiba menghilang. Jika anda mendapatkan masalah seperti hilangnya file di perangkat penyimpanan sebaiknya jangan panik, bisanya file tersebut hilang karena di hidden atau di sembunyikan atau jika tidak di hidden file tersebut pasti ke delete, rename tidak sengaja. Pada kesempatan ini saya akan membahas file dan folder yang di hidden Banyak penyebab yang menimbulkan file  dan folder disembunyikan atau di hidden, Umumnya folder dan file yang menghilang atau di hidden ini disebabkan oleh virus atau malware saat anda terhubung dengan koneksi internet atau install software bajakan di komputer. Jenis virus yang bisa menyembunyikan file atau folder biasanya melakukan shortcut untuk mengelabui pengguna komputer. Jika file dan folder shortcut ini di klik maka sudah pasti perangkat komputer yang anda gunakan langsung tersebar virus. Saran saya untuk menghindari jenis virus yang melakukan shortcut ini gunakanlah antivirus yang terpercaya seperti AVG, Avira, Norton dll.

Bagaimana Mengetahui File dan Folder Yang di Hidden Virus

Jika ingin mengetahui file dan folder yang di hidden atau disembunyikan oleh virus caranya sangat mudah. Cara berikut ini juga bisa meilhat file virus yang memang sengaja di hidden  untuk menyerang perangkat komputer agar tidak di ketahui oleh pengguna komputer. Sebelum memulai caranya saya menggunakan Sistem Operasi Windows, Cara saya ini tidak bisa digunakan jika anda menggunakan Sistem Operasi Linux. Berikut dibawah ini langkah langkahnya.
  1. Klik kanan pada Start -> Pilih Windows Explorer  (OS XP)/Open Xindows Explorer (OS 7,8) 
  2. Setelah masuk halaman Windows Explorer pilih menu File/Organize di sebelah atas tengah atau pojok kiri atas dan klik Folder dan Search Option -> Pilih Tab View.
    Folder Option
  3. Pada gambar diatas ganti Option "Don't show hidden files, folders, or drives" Menjadi "Show hidden file, folders, or drives". Hilangkan pilihan Hide empty drives in the Computer Folder, Hide extensions for known file types dan Hide protected operating system files (recommended).
  4. Klik Apply dan OK. masih tetap di windwos explorer, sekarang anda mengarah ke flasdisk, memori card atau druve hardisk yang ingin anda lihat file dan folder yang disembunyikan oleh virus.
Catatan kecil dari saya, jika anda menghilangkan pilihan Hide protected operating system files (recommended) maka file bawaan dari sistem operasi windows  yang memang di hidden dari bawaan saat pertama install windows akan terlihat juga. File bawaan dari windows biasanya ada drive C tergantung tempat drive mana intall windows anda. Jika file dari windows itu terlihat jangan anda hapus atau anda pindah/Cut ke tempat lain, Jika itu dilakukan maka saat komputer anda dimatikan dan dihidupkan kembali windows tidak bisa booting sampai ke desktop. 

Memulihkan File dan Folder Yang di Hidden Oleh Virus

Setelah anda mengetahui file dan folder anda di sembunyikan oleh virus, sekarang bagaimana memulihkan file dan folder tersebut agar tidak di hidden. Cara yang paling mudah sebenarnya jika komputer anda telah di instal antivirus biasa ada bawaan dari antivrus ada menu untuk memulihkan file dan folder yang di hidden virus. Tidak semua antivirus ada fasilitas untuk memulihkan show hidden file dan folder, Salah satu antivirus yang bisa memulihkan show hidden file dan folder adalah Smadav. Lalu bagaimana jika antivirus yang anda gunakan tidak tersedia faslitas tersebut, Caranya  yang  lain anda menggunakan Command Prompt bawaan dari windows. Berikut dibawah ini langkah - langkahnya.
  1. Klik start pilih Run atau Kombinasi pada keybord pilih Tombol Windows+R secara bersamaan sampai muncul Run
  2. Pada Run ketikan "CMD" maka akan muncul tampilan layar dengan warna hitam seperti gambar dibawah ini.
    cmd
  3. Pada contoh ini misal saya ingin memulihkan file dan folder yang di hidden di flasdik. Di falasdik saya ini terdeteksi oleh windows ada di Drive G. Ketik pada command promnt dengan perintah G: kemudian Enter di keybord
    Drive G
  4. Setelah Prompt berubah menjadi “G:\>” Ketikan perintah “attrib -s -h -r /s /d” (tanpa tanda petik). Tunggu sampai proses pemulihan file dan folder yang di hidde di kembalikan ke bentuk normal.
  5. Jika proses pemulihan berhasil pada jendela halaman command tandanya akan kembali ke drive  “G:\>”. Selajutnya Periksa flasdik anda, pastikan semua file dan folder di flasdisk terlihat dengan jelas tidak.
Demikian tips singkat dari saya Cara Menampilkan File Hidden dengan perintah Attrib di Command Promnt Windows. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda 
Subscribe to this Blog via Email :
Author commando98

Author:

Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

2 comments

Write comments

lcd hp
Admin

December 4, 2017 at 11:41 AM
manteb min, makasih sudah share...
lcd hp

Reply delete
avatar
renata halim
Admin

February 3, 2019 at 1:59 AM
mari segera bergabung bersama kami,
dan menangkan berbagai hadiah menarik lainnya,
hanya di agen Fansbetting ^_^

Reply delete
avatar