logo blog

2016-08-27T21:31:00+07:00

Membuat Aplikasi SMS Gateway Dengan Gammu Menggunakan Modem Huawei

Modem Huawei SMS GATEWAY
SMS Gateway adalah dua  platform yang saling berinteraksi antara komputer server dan handphone menggunakan perintah sms. Pada dasarnya cara kerja sms gateway adalah client mengirim perintah melalui sms dari handphone, kemudian perintah dari sms tersebut dikirim ke nomor yang berada di komputer server untuk di proses ke database selanjutnya komputer server mengirim kembali ke nomor yang mengirim sms atau mau stop yang artinya hanya menerima sms masuk agar di proses di database tanpa perlu mengirim sms ke client. Aplikasi sms gateway berjalan secara real time dan otomatis sesuai perintah yang ingin dekarjakan hanya menggunakan isi pesan dari SMS. Perkembangan sms gateway saat ini sudah sangat maju, banyak perusahaan industri menggunakan sms gateway guna memenuhi kebutuhan konsumen akan informasi yang cepat dan akurat seperti contoh industri perbankan menggunakan sms gateway untuk aplikasi sms banking, Jasa jual pulsa antara penjual pulsa counter dengan penyedia jasa server pulsa operator dan masih banyak lagi tentunya, semua itu adalah dari program aplikasi yang berhasil dikembangkan dari sms gateway yang dibuat.

Cara Membuat Aplikasi SMS Gateway Dengan Gammu Menggunakan Modem Huawei


Agara berhasil membuat aplikasi sms gateway dibutuhkan dua perangkat yang bisa saling berinteraksi antar client dengan server. Untuk perangkat client hanya sebuah handphone untuk mengirim sms dan perangkat server dibutuhkan komputer dan perangkat modem sebagai penerima sms masuk. Untuk Perangkat modem bisa menggunakan wavecome atau modem huawei yang biasa dipakai untuk internet.  Pada kesempatan ini saya akan memberikan tips membuat sms gateway menggunakan perangkat modem huawei sebagai penerima sms masuk. Berikut ini tips agar berhasil membuat aplikasi sms gateway menggunakan modem huawei.
  1. Instal Modem Huawei di komputer, Biasanya intasalsi modem huawei dalam bentuk mobile partner dan mempunyai port di komputer. 
  2. Instal Software Gammu sebagai Engine yang mengguhungkan perangkat modem dengan database
  3. Lakukan setting services.msc, Caraya adalah buka Run atau tekan tombol di keybord (Windows Logo+R) secara bersama sama ketikan perintah services.msc, Cari Media Center Extender Service, Mobile Partne / Mobile Broadband klik dua kali pilih startup type disabled. Jika Mobile Partne / Mobile Broadband statusnya Started lakukan Stop Service hal ini agar sms yang masuk ke modem tidak masuk di software bawaan dari modem karena kita menggunakan Engine Software Gammu.
  4. Lakukan seting pada Gammu ( Tips Setting SMS Gateway Lebih Dari Satu Modem ).
  5. Sekarang lakukan uji coba dengan cara mengirim sms apakah modem huawei dengan engine gammu sudah berfungsi atau tidak. Jika berhasil maka database inbox akan terisi sms masuk. 
Demikian tips diatas cara agar berhasiil membuat aplikasi sms gateway dengan menggunakan modem huawei, Semoga tips diatas bermanfaat untuk anda.

Subscribe to this Blog via Email :
Author commando98

Author:

Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

3 comments

Write comments

November 18, 2018 at 12:14 AM
Upd4te Bett1ng agen jud1 b0la terpercaya di 1ndonesia
buruan daftar..

Reply delete
avatar
renata halim
Admin

February 3, 2019 at 1:59 AM
mari segera bergabung bersama kami,
dan menangkan berbagai hadiah menarik lainnya,
hanya di agen Fansbetting ^_^

Reply delete
avatar