logo blog

2016-12-18T18:20:00+07:00

cara membuat otomatis tanggal dan waktu di trigger phpmyadmin

trigger mysql
Bagaimana membuat script otomatis tanggal dan waktu di phpmyadmin - Trigger di phmyadmin adalah suatu objek di database mysql yang akan dilakukan oleh engine MySQL saat sebelum (BEFORE)/setelah (AFTER) menginput (INSERT)/mengubah (UPDATE)/menghapus (DELETE) atau dengan kata lain tindakan pada saat sebelum atau sesudah melakukan query di tabel database mysql. Di MySQL, Triggers mulai dikenal di versi MySQL 5.0, dan di versi saat ini (mysql version 5.5.31) fungsi penggunaanya saat ini sudah bertambah. Penggunaan script trigger sebenarnya mengurangi penggunaan script Php pada umumnya jadi bisa mempercepat halaman web menjadi ringan karena proses langsung dari databasenya.

Pada kesempatan ini saya akan membahas cara membuat tanggal dan waktu otomatis dengan menggunakan trigger di phpmyadmin. Script trigger ini cocok jika ada penambahan baris bari di database mysql artinya ada insert di tabel. Langsung saja bagaimana membuat trigger otomatis untuk tanggal dan waktu.
  1. Siapkan tabel di database contoh seperti dibawah ini
    CREATE TABLE `tanggal` (
      `id` int(8) NOT NULL,
      `nama` varchar(50) NOT NULL,
      `date` timestamp NOT NULL DEFAULT CURRENT_TIMESTAMP ON UPDATE CURRENT_TIMESTAMP
    ) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=latin1;
    tabel mysql
  2. Sekarang memasang script di trigger Phpmyadmin, caranya di menu pojok sebelah kanan halaman tabel klik menu "Trigger"  >>Tambahkan trigger.
    BEGIN
        IF NEW. date = '0000-00-00 00:00:00' THEN
            SET NEW.date = CURRENT_TIMESTAMP();
        END IF;
    END
    trigger sql
  3. Untuk nama trigger penggunaan spasi kalai bisa menggunakan garis bawah. Isikan script trigger diatas di Definisi klik kirim.
  4. Sekarang lakukan uji coba caranya insert tabel lewat phpmyadmin isikan nama anda kemudian Save / Kirim. Sekaranh lihat hasil querynya maka di record date otomatis tanggal, jam waktu akan otomatis terisi tanpa perlu kita isikan
    query sql
Dari contoh trigger diatas bisa anda kembangkan dan kolaborasikan dengan script Php yang anda buat. Semoga tutorial membuat otomatis tanggal dan waktu di trigger phpmyadmin membantu sobat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar dibawah ini
Subscribe to this Blog via Email :
Author commando98

Author:

Dalam Bekerja Harus Menantang Menantang Itu Harus Menyenangkan

5 comments

Write comments

July 7, 2017 at 9:59 PM
ada error seperti ini saat diklik 'kirim', kenapa ya?
The following query has failed: "CREATE TRIGGER `tanggal_update` BEFORE INSERT ON `berita_acara` FOR EACH ROW BEGIN IF NEW.date = '0000-00-00 00:00:00' THEN SET NEW.date = CURRENT_TIMESTAMP(); END IF; END"

MySQL said: #1054 - Unknown column 'date' in 'NEW'

Reply delete
avatar
Faiz
Admin

August 1, 2017 at 7:25 PM
NEW.date
untuk 'date' itu adalah nama kolom yang akan di isikan tanggal/timestamp. sesuaikan dengan nama kolom pada tabel di database anda.

Reply delete
avatar

September 9, 2018 at 10:44 PM
Mari Dukung Team Anda Bersama Kami di www(dot)Upd4teBett1ng(dot)co
depo/wd hanya 50rb saja

Reply delete
avatar
renata halim
Admin

January 21, 2019 at 1:13 AM
Fansbetting aman dan terpercaya
buruan daftar, main dan menangkan
PIN BB : 5EE80AFE :)

Reply delete
avatar